Pages

Friday 16 March 2012

Resensi Film : MEMENTO


"Sebuah Misteri, Memori, Masterpiece"

RESENSI
Leonard Shelby(Guy Pearce) tak akan menyangka ia akan kehilangan istri dan kehidupan normalnya. Karena suatu perampokan, kepalanya dipukul oleh perampok tersebut dan terbentur keras ke lantai.Sekarang ia menderita penyakit short-term memory lost. Ia tidak dapat membuat memori baru dalam pikirannya, semuanya hanya terlintas begitu saja. Meskipun ia bicara dengan seseorang lama, ia akan tetap lupa sipa orang tersebut? Apa yang dibicarakannya?
Karena kondisinya tersebut, Leonard pun mengakalinya dengan membuat sebuah sistem, ia mengambil foto setiap orang yang dikenalnya dengan kamera polaroidnya, mencatat notes-notes kecil dibawah foto untuk mengingatkannya.
Lenny,panggilan akrab Leonard,juga mempunyai seorang "teman" bernama John Edward Gammel, seorang polisi dengan nama yang dikenalnya Teddy. Teddy membantu ambisi Lenny untuk membalaskan dendam terpendamnya yaitu, membunuh orang bernama John. G. Perampok yang telah membunuh serta memperkosa istrinya dan mengakibatkan ia begini. Dengan clue-clue yang ada ia berusaha menemukan orang tersebut. Untuk lebih mengingatkannya, ia membuat tato di sekujur tubuhnya dengan kalimat-kalimat dan berbagai petunjuk tentang John G. Dengan petunjuk itulah ia dapat melacak keberadaannya.
Dengan kondisinya itu, dapatkan ia menemukan dan membunuh John G.?

REVIEW
Film ini merupakan sebuah MASTERPIECE dari Sutradara Christoper Nolan. MEMENTO dibuat berdasarkan film pendek buatan adiknya. Ia membawanya ke layar lebar dengan sentuhan magisnya seperti dalam film Following dan Insomnia. Berbeda dari film kebanyakan. MEMENTO beralur dari akhir ke awal, backwards. Penonton diawal pemutaran film disuguhi peristiwa saat Lenny membunuh Teddy, dan setelah itu berbagai kejadian seperti berjalan mundur. Kita seperti dibuat bertanya-tanya, Siapa yang dibunuh itu ? Siapa sebenarnya Teddy?
Disini Nolan membuat film yang bagian PENGUNGKAPAN FAKTA terdapat di awal peristiwa Lenny membunuh James Grants yang dalam film dapat kita saksikan di akhir. Teddy mengungkapkan semuanya. Bahwa sebenarnya Ia telah membunuh John G. Sejak lama dan karena ia tak ingat bahwa ia telah membunuhnya, ia terus mencari orang yang telah dibunuhnya. Karena itulah Teddy memanfaatkan Lenny untuk membantu tugas kepolisiannya. Setelah itu Lenny sadar bahwa ia selama ini telah dimanfaatkan oleh Teddy, ia merencanakan untuk membunuhnya. Ia tak mau dijadikan anjing olehnya. Ia menulis beberapa clue untuk membuat Teddy sebagai His John G. dan supaya ia tidak lupa, ia membuat tatto nomor kendaraa Teddy.
Dan di tengah-tengah film terdapat sosok Natalie(Carrie-Anne Moss) yang merupakan pacar dari bandar narkoba James Grants orang yang sebelumnya telah dibunuh oleh Lenny. Natalie membantu Lenny untuk "menemukan" fakta-fakta yang membuat Teddy-lah sebagai John G. Hal itu dilakukan Natalie untuk membalas dendam pada Teddy yang telah memanfaatkan Lenny untuk membunuh pacarnya.
Sungguh film ini merupakan film yang fenomenal. Hubungan peristiwa satu dengan yang lain tidak dibuat mudah oleh Christoper Nolan. penonton harus jeli melihat setiap scene satu per satu untuk mengetahui fakta yang sebenarnya dalam film tersebut. Saya saja sampai nonton 3 kali untuk memahami film ini. Namun cinemathography yang bagus dengan perpaduan hitam-putih ke warna, warna ke hitam-putih dengan beberapa scene memories yang berlatar coklat, sangat mengagumkan menurut saya dan membuat film MEMENTO layak dinobatkan sebagai Masterpiece. Bila anda penggemar film yang ada unsur pemikiran, action dan fiksi film ini sangat layak untuk ditonton.

Penilaian :
8,5/10 bintang


//HintMovie : Bila ingin mengetahui alur asli, tontonlah film ini dari Akhir Film ke Awal Film

No comments:

Post a Comment